Sabtu, 05 Januari 2013

Rahasia “Berperasangka baik”

Perasangka yang baik akan memuliakan dan mendamaikan hidup kita. mendamaikan perasan yang galau dan menjauhkan pikiran pikran negatif yang berhawa panas. Orang yang hidupnya selalu berperasangka baik maka hatinya akan damai pikirannya akan tentram. Mengapa demikian apa sesungguhnya rahasia dari perintah Allah Swt. Kepada mahluknya untuk beperasangka baik?
Sebelumnya mari bandingkan dulu dua
perbandingan ini, yang pertama, berperasangka baik padahal orang tersebut jelek atau berperasangka jelek padahal orang itu baik. Menerut saya lebih baik berperasangka baik, urusan orang tersebut jelek atau baik jangan kita pikirkan yang penting berperasangka baiklah. Mengapa seperti itu sebab perasangka baiklah yang akan membuat kita tidak
ketakutan tidak kaku menghadapinya tidak penuh kecurigaan yang akan menyebabkan sikap kita terhadap orang tersebut jadi janggal.
Selain itu sikap berperasangka baik akan meluluhkan setiap sikap jahat yang akan menimpa kita yang akan membalikan hati – hati yang ingin berbuat dzalim terhadap hidup kita. perhatikan ilustrasi berikut ini :
Suatu saat kita akan menemui seseorang yang dikenal kejam dan jahat. Tetapi dengan kelebihan yang kita memiliki berperasangka baik maka kita akan dengan tenang menghadapinya kita berjalan dengan tersenyum, kita sambutan kadatang orang itu dengan sapaan yang hangat seaka-akan penuh kekeluargaan lalu kita persilahkan masuk dan duduk kita tanya minum yang dia inginkan kita layani layaknya memuliakan seorang tamu yang datang baik baik. Lalu kita duduk kita tanya “bagaimana kabarnya? Gimana keluarga bapak baik-baik saja? Bagaimana bagaima ibu bapak sehat?” pertanyaan yang terakhir wajib kita tanyakan sebab sekeras apa pun hati seorang anak ketika nama ibunya tersentuh diperhatikan maka dengan naturalnya ia akan merasa sangat dihargai dihormati dan timbulah rasa kekeluargaan yang erat.
Dari ilustrasi itu cukup untuk mengambarkan betapa pentingnya perasangka baik itu, hal mustahil kita bisa se akrab dan se hangat itu memuliakan seorang tamu jika hati kita berperasangka buruk.
Ingat : Hiduplah damai dengan perasangka baik, sebab perasangka baik, itu ajaran yang Allah anjurkan  dan yakinlah ketika Allah memrintah Allah akan menjamin segalanya. Begitu juga bila Allah mengajurkan kita untuk berperasangka baik maka Allah akan membalikan segala niatan jahat yang akan menjahati kita. sebab sesungguhnya Allah lah yang mampu mobalikan perasaan mahluknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...